Minggu, 03 Februari 2013

Gerakan Dasar dalam paskibra

 
                                                     
                                      GERAKAN - GERAKAN PASKIBRA


       1. Gerakan dasar paskibra yaitu gerakan statis (PBB ditempat) gerakn ditempat adalah gerakan yang mengutamakan konsentrasi contohnya : hormat , istirahat ditempat , sikap sempurna , periksa kerapihan , hadap kiri / kanan / depan / belakang / serong ,jaln ditempat hadap , lencang kanan / kiri , setengah lengan lencang kanan / kiri , dan berhitung . semua itu merupakan contoh gerakan PBB statis (ditempat).
dalam gerakan statis kita dilatih konsentrasi yaitu cara dimana kita harus menggunakan power saat hadap kanan/kiri agr terlihat bantingan pada bahu memakai poros tumit sehingga terlihat gerakan baris berbaris yang indah.
contoh gambar PBB STATIS :


     
       




             2. Gerakan yang selanjutnya adalah gerakan dasar dinamis (berjalan) yaitu gerakan yang memperlihatkan gerakan kindahan berjalan dengan menggunakan power tangan dan kaki yang mengangkat bersamaan dengan saf disamping kiri atu kanan sehingga terlihat indah . contoh PBB dinamis (berjalan) adalah : langkah tegap , langkah biasa , hormat kanan/kiri ,banjar kanan/kiri , belok kanan/kiri , dua kali belok kanan/kiri, buka/tutup barisan, hadap kanan/kiri/balik kanan jalan .
dalam gerakan PBB dasar dinamis tentu banyak sekali yang harus diperhatikan terutama saat mengangkat tangan dengan kaki itu harus menggunakan power dan harus sama dengan saf kanan/kiri atau banjar kanan/kiri.

contoh gambar PBB DINAMIS :
      




Gerakan - gerakan dasar ini yang akan diajarkan di masing - masing sekolah karena gerakan - gerakan dasar inilah yang akan ditmpilkan dalam LKBB ( LOMBA KETANGKASAN BARIS BERBARIS).
bila kita mlihat lomba baris berbaris sangat terlihat mudah seakan akan kita dapat memainkan nya ternyata dibalik penampilan baris berbaris yang indah itu mereka menjalani latihan yang melelahkan seperti latihan fisik,mental,ltihan dri pagi hingga sore harus mereka jalani agar mendaptkan hasil yang memuaskan.
jadi bila ingin bergabung dengan ekstrakulikuler disekolah masing - masing :


- persiapkan mental
- disiplin
- menaati tata tertib
- kesehatan yang bagus
- tidak putus asa
- tidak mengeluh dengan cuaca yang dihadapi
mungkin sekian yang dapat disampaikan tentang gerakan - gerakan yang ada di Paskibra semoga materi ini dapat bermanfaat , selamat mengikuti !!!

3 komentar: